Tips Seru Untuk Memulai Belajar Pemrograman Web

Share:
Hai temen-temen semuanya, di blog ini saya akan share sedikit tips seru untuk memulai belajar pemrograman web, blog ini berhubungan dengan blog yang saya tulis sebelumnya tentang berkenalan dengan pemrograman web, silahkan baca dulu bagi temen-temen yang belum membaca artikel tersebut.


Aplikasi berbasis web sangat pesat kemajuannya, dan sudah menjadi kabutuhan untuk perusahaan bersekala kecil ataupun besar. Selain itu banyak juga institusi-institusi yang juga membutuhkan website untuk keperluan informasi dari sebuah institusi tersebut ataupun keperluan lainnya. Kampus-kampus juga sudah banyak menggunakan website ini, misalnya Universitas Potensi Utama. Maka dari itu banyak orang yang ingin sekali menjadi seorang yang dapat membuat website atau yang sering disebut sebagai seorang web developer. namun untuk menjadi seorang web developer tidak lah mudah, harus dengan ketekunan dan kemauan yang tinggi untuk belajar suatu bahasa pemrograman.

Lalu bagaimana sih tips seru untuk memulai belajar membuat website? sebagai catatan tips ini hanya menurut pengalaman saya dan apa yang sudah saya lakukan selama ini dalam belajar membuat website, yang menurut saya cara ini seru. Bisa jadi berbeda dengan temen-temen lainnya, sesuai kanyamanan masing-masing sih sebenarnya. Lalu apa saja tips nya? yuk kita bahas.

1. Pertama kumpulin niat untuk belajar

Iya menurut saya untuk belajar membuat website harus punya niat yang besar. Karena kalau sudah niat kita akan mencari terus ilmu tentang membuat website ini. Walaupun akan banyak halangan pasti kalau kita sudah niat akan terus mencari jalan agar kita bisa terus belajar membuat website.

2. Jadikan sebagai hobi

Kebayang gak kalau membuat sebuah website menjadi hoby kita. Setiap hari kita akan terus belajar membuat website, dan bahkan hari-hari akan terasa kurang kalau kita lalui tanpa belajar membuat website.

3. Siapin alat tempur

Nah setelah niat kita sudah terpenuhi saat nya kita siapin nih alat tempurnya. Enaknya belajar membuat website kita tidak perlu untuk ngeluarin uang banyak untuk membeli aplikasi. kita dapat mamnfaatkan aplikasi-aplikasi gratis yang sangat cukup fiturnya untuk kita gunakan membuat website contoh nya seperti text editor, browser, web server, mysql dan bahasa pemrograman semua ini bisa gunakan secara gratis

~ Text Editor
Ada banyak text editor yang bisa kita gunakan seperti Atom, notepad++, dan sublime text. atau kita juga bisa menggunakan notepad bawaan dari windows kita. Jika temen-temen mau download text editor tersebut ini aka saya share link nya:
Kita juga harus siapin browser kita yang pungsinya untuk menjalankan aplikasi web yang nantinya kita buat.

~Menginstal Xampp
Saya menganjurkan menginstal xampp di komputer temen-temen karena aplikasi ini sangan membantu kita dalam membuat website. Karena pada dasarnya bahasa pemrograman berjalan di sisi server maka dari itu kita membutuhkan web server serperti apache, nah apache ini merupakan fitur bawaan saat kita menginstal xampp, selain itu saat kita menginstal xampp maka otomatis komputer kita juga sudah tersinstal php, mysql. selain xampp kita juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti appserv, wamp, mamp dan lain. 

4. Memilih bahasa pemrograman
Nah banyak orang yang bingung harus memilih bahasa pemrograman apa yang harus mereka pelajari duluan, saya juga dulu waktu memulai belajar bingung untuk memilih bahasa pemrograman apa yang harus saya dalami sampai keakar-akarnya, karena kalau kita tidak fokus ke satu bahasa pemrograman dulu kita akan menjadi tidak fokus dan bisa jadi malah kita gak akan dapat apa-apa karena bisa jadi lupa semua. Nah setelah kita sudah merasa menguasai satu bahasa pemrograman baru kita mulai belajar bahasa pemrograman lainnya. 

Di Potensi Utama kita akan banyak di ajarkan dan dikenalakan banyak bahasa pemrograman seperti Java, Php, Javascript dan lain-lain, nah jadi kita tinggal pilih tuh bahasa pemrograman mana yang ingin kita kuasai, dan kita bisa nambah-nambah ilmu tentang bahasa pemrograman tersebut dengan cara membaca buku, atau mengikuti program belajar online yang di sediakan di website-website belajar programming, beberapa website yang saya anjurkan untuk belajar membuat website:





Ada juga webiste luar negeri salah satunya yaitu codeacademy .

Lalu bahasa pemrograman apa saja yang bisa dipelajari untuk belajar membuat website? Ini beberapa bahasa pemrogramannya:

~  PHP 

Php merupakan bahasa yang sangat populer, php sangat cocok buat temen-temen yang baru memulai mempelajari bahasa pemrograman web karena php sudah mempunyai banyak komunitas, dan tutorialnya sangat banya di internet, sehingga dapat memudahkan kita untuk belajar dan mengatasi error pada suatu saat. Banyak kampus yang menggunakan bahasa php untuk diajarkan ke mahasiswanya seperti UPU yang memilih bahasa pemrograman PHP.

~ Python
~ JavaScript
~ ASP
~ Ruby
~ dan masih banyak bahasa pemrograman lainnya.

5. Terus belajar dan peraktek
Untuk bisa belajar suatu bahasa pemrogrmman kita harus selalu belajar dan peraktekin apa yang sudah kita pelajari. dangan cara ini kita akan mudah ingat dengan code-code dari bahasa pemrograman tersebut.

Ini saja yang dapat saya tulis di blog Tips seru untuk memulai belajar bahasa pemrograman web ini. sekali lagi tips ini berdasarkan dengan apa yang saya lakukan selama ini, jadi boleh bebeda dengan temen-temen semua, tergantung kenyamanan belajar temen-temen. Terimakasih buat temen-temen  yang mau membaca blog ini, dan semoga bermanfaat. #salamNgodingSeru.










  

Tidak ada komentar