Berkenalan Dengan Pemrograman Web (Web Programming)

Share:
Yuk sedikit berkenelan dengan pemrograman web, dan apa sih itu pemmrogramman web? Yuk kita bahas!!


Pemrograman Web berasal dari dua suku kata, yaitu Pemrograman Dan Web, arti dari masing-masing kata tersebut adalah:

Pemrograman adalah  proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode-kode tersebut ditulis dengan bahasa pemrograman.  Lalu kata yang kedua adalah Web, Web adalah jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext. yang mana untuk menampilkan hal-hal tersebut harus menggunakan software browser seperti google chrome, mozila firefox, opera, safari, dan banyak lagi. namun dari pantauan saya di kelas saya di kampus tempat saya kuliah yaitu Universitas Potensi Utama browser yang populer digunakan adalah google chrome dan mozila firefox, mungkin di lingkungan temen-temen browser populer nya bisa opera atau yang lain.

Lalu dari penjelasan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa pemrograman web  adalah peroses membuat, menguji, dan memperbaiki aplikasi komputer yang bisa dijalankan dengan bantuan browser. contoh aplikasi seperti website potensi utama, faceboook, twitter dan aplikasi lainnya yang sangat banyak.

Pemrograman web memungkinkan para web developer untuk membuat halaman web yang mulanya statis menjadi lebih dinamis. kerana dengan cara tersebut kita bisa membuat fitur seperti input data dan menampilkannya ke halaman web kita, membuat sistem pencarian, sistem komentar, dan dapat membuat fitur lainnya sesua dengan kebutuhan dari halaman web yang ingin kita buat. Contoh lainnya pada website UPU kita dapat mengisi KRS (kartu rencana studi), dan melihat KHS. 

Contoh penggunaan kode bahasa pemrograman web
Sebelum kita belajar bahasa pemrograman web ada baiknya kita sudah memahami terlebih dahulu HTML (hypertext markup language). Html adalah bahasa markup yaitu bahasa yang penulisannya dengan penanda-penanda sepaert p, h1, b dan lain-lain yang mana tanda-tanda itu disebut sebagai tag. HTML berfungsi sebagai struktur dasar dari sebuah halaman web. misalnya kita ingin membuat pragrafh, table, judul dari artikel, nah untuk membuat hal tersebut kita bisa menggunakan HTML.

Nah, lalu apa hubungannya dengan pemrograman web? dalam membuat aplikasi berbasis web kita membutuhkan bahasa pemrograman web. lalu kode dari bahasa pemrograman ini biasa disisipkan ke kode-kode html tersebut. contohnya
Dari contoh gambar diatasa kode kode bahasa pemrograman php yang berada di antara tag h1 untuk menampilkan suatu jugul, dan tag php diantara tag p untuk menampilkan paragraf.

Aplikasi berbasis web mempunyai banyak keuntungan jika dibandingkan dengan aplikasi berbasis dekstop, karena itu, banyak perushaan-perusahaan memilih untuk mengunnakan aplikasi berbasis web, beberapa alasan diantaranya adalah 

  1. Untuk mengakses informasi di aplikasi berbasis web lebih mudah.
  2. Instalasi server aplikasi berbasis web lebih mudah.
  3. Informasinya mudah untuk didistribusikan.
  4. Dapat berjalan di berbagai platform.
Beberapa bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi berbasis web
Ada banyak bahasa pemrogramma untuk membuat aplikasi berbasis web, dari yang masih populer dari jaman dahulu, sampai kemunculan bahasa pemrograman baru yang gak kalah populer seperti:
  1. PHP
  2. ASP
  3. PYTHON
  4. JAVASCRIPT
  5. dll
Nah, mungkin itu aja yang bisa saya tulis di blog Berkenalan Dangan Pemrograman Web, terimakasih buat temen-temen yang sudah mau membaca blog ini. #salamNgodingSeru




1 komentar: