Mengenal BIOS, pengertian dan beberapa menu BIOS

Share:
BIOS yaitu singkatan dari Basic Input Output System Yaitu suatu kode software yang ditanam pada suatu system komputer yang fungsinya adalah untuk memberikan informasi visual pada saat komputer dinyalakan, memberikan akses low - level diantara komponen - komponen hardware, seperti untuk meload system operasi dari stroge ke ram.Bios juga dapat kita gunakan saat melakukan troublesooting pada komputer.


Berikut adalah menu - menu yang biasanya ada dalam tampilan bios.

1. Standard CMOS setup yaitu menu untuk mengatur konfigurasi standar setup BIOS, atau lebih mengarah pada tampilan informasi. seperti informasi , Date (tanggal), time (waktu), tipe dari Harddisk, dll.

2. Bios Features Setup yaitu menu untuk mengatur konfigurasi untuk perporma komputer dan mengatur kerja komputer yang sudah di fasilitasi Bios, seperti: menentukan awal booting, mencegah masuknya virus, mempercepat booting, dan juga konfigurasi lainnya.

3. Chipset Featur Setup yaitu menu yang berpengaruh pada kinerja komputer keseluruhan, karena menu ini tempat mengatur konfigurasi semua fasilitas - fasilitas yang di sediakan oleh chipset, misalannya mengatur timing memory.

4. Power management setup yaitu menu yang yang mengatur kerja dari perangkat komponen komputer saat di gunakan, seperti mengatur kinerja harddisk, dan monitor. hal ini diatur biasanya untuk kepentingan menghemat daya komputer.

5. PNP/PCI Configuration yaitu menu untukk mengkonnfigurasi perangkat yang terhubung melalui port Pci/ PNP, seperti mengatur clock atau kecepatan. perangkat yang terhubung misalnya: Lancard, VGA, WIRELLES, HDMI, dll.

Itu lah beberapa menu pada tampilan Bios, setelah itu ada beberapa merek dari bios, tetapi biasa nya komputer yang buil up terdapat bios yang di buat sendiri dari vendornya seperti : DELL, HP, ACER.
Sedangkan merek bios yang di jual perusahaan yang hanya menyediakan BIOS adalah
- Phonix
- Award BIOS
- Ami BIOS.

Pada saat booting awal, bios akan mengambil alih untuk melakukan pengenalan awal ke semua komponen komputer yang terpasang di motherboard. lalu bios akan melakukan POST ( power on self test) dengan mengenali cpu, fpu, chip ram, ic timer pada motherboard, Dma controller, IRQ controller, dll.

BIOS merupakan Chip yang diisi secara elektromagnetik, yang pada umumnya bios di simpan dalam sebuah chip eprom atau eeprom, sehingga tekhnologi saat ini Bios dapat di update maupun di downgrade.

yang perlu di ketahui adalah bahwa pada umumnya istilah - istilah dan menu di dalam Bios berbeda - beda tergantung dari produsen mana Bios itu di keluarkan, walaupun berbeda tetapi mempunyai pungsi yang sama. Berikut lah artikel mengenai Bios, semoga dapat bermanfaat untuk para sobat ICN semua.




1 komentar:

  1. Mengenal Bios, Pengertian Dan Beberapa Menu Bios - Ilmucomnet >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Mengenal Bios, Pengertian Dan Beberapa Menu Bios - Ilmucomnet >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Mengenal Bios, Pengertian Dan Beberapa Menu Bios - Ilmucomnet >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Yd

    BalasHapus